Hallo teman - teman dikesempatan kali ini kita akan membahas seputar Usability. Kalimat Usability atau bahasa indonesia nya Kegunaan pasti sudah sering keluar masuk telinga kita, terutama seseorang yang bekerja yang berkaitan dengan produk tentu tidak asing lagi mendengar kalimat Usability.
Jadi, kira - kira apa ya yang dimaksud dengan Usability ? Yukk simak penjelasannya...
Pengertian Usability
Usability memiliki arti berguna atau bisa digunakan. Kemudian apa Hubungan nya Usability dengan Interaksi Manusia dan Komputer ? Jadi, Usability memiliki kaitan dengan Interaksi Manusia dan Komputer yang memiliki sistem yang dapat bekerja dengan baik ketika dipergunakan secara maksimal oleh pengguna, sehingga semua kemampuan sistem bisa bermanfaat secara maksimal.
Usability menurut para ahli sebagai berikut :
1. Menurut Jacob Nielson tahun 1993 (Harrison, dkk, 2013), Usability didefinisikan sebagai kemampuan sistem untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam 5 atribut penilaian, yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction.
2. Menurut Pressman (2012), Usability merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan untuk mempermudah hidup pengguna.
3. Menurut Santoso (2010), Usability merupakan derajat kemampuan sebuah aplikasi untuk membantu pengguna mnyelesaikan sebuah tugas.
4. Standar Internasional ISO 9241-11 (Bevan, 1995), mendefinisikan usability merupakan sejauh mana suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai target yang ditetapkan dengan effectiveness, efficiency dan satisfaction.
Usability memiliki lima komponen yaitu :
- Learnability yaitu Seberapa mudah untuk pengguna memahami saat pertama kali melihat.
- Efficiency yaitu Seberapa cepat bisa menyelesaikan perintah (input).
- Memorability yaitu Ketika pengguna sedang menggunakan lagi seberapa ingat atau terbiasa terhadap penggunaanya.
- Errors yaitu Seberapa banyak kesalahan yang sudah diperbuat saat menggunakannya.
- Satisfaction yaitu Seberapa puas dan nyaman penggguna dengan antarmuka tersebut.
- Memudahkan Pengguna
- Mudah Untuk Dipelajari
- Berjalan Sesuai Fungsi
- Menarik Minat Pengguna
- Mempengaruhi Kepada Faktor Kesuksesan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar